BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 07 Mei 2011

Tugas TIK


1. Apa yang melatar belakangi digunakannya jaringan pada komputer ? 
   Yang melatarbelakangi digunakannya jaringan pada komputer adalah perkembangan dan kebutuhan atas   informasi dan komunikasi menuntut komputer yang digunakan saling berhubungan secara luas. Dengan adanya jaringan komputer,  memudahkan seseorang dalam mencari suatu informasi yang dibutuhkan.

2. Bagaimana perkembangan pola jaringan yang ada dari pertama sampai saat ini ?
1.       Perkembangan pola jaringan pada awalnya dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang menjadi lebih luas yang dikenal dengan Jaringan Lokal atau LAN. Dengan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut komputer yang digunakan dapat berhubungan dengan luas sehingga terbentuklah MAN. Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas sehingga digunakan WAN. Dan dengan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi yang lebih luas (bersifat global) dan dalam skala internasional maka digunakan jaringan internet yang digunakan sampai saat ini.


3. Gambarkan semua topologi jaringan !
a. Ring topology : 
                   b. bus topologi :
                    c. Star topologi : 

1.                                             
                          d.  tree topologi :
                    e.  Mesh topologi :
 
1    4. Apa yang dimaksud dengan LAN, WAN, MAN ?
1.      LAN : adalah local area network. merupakan jaringan internet local yang memiliki cakupan jangkauan yang sempit, biasanya terhubung dengan menggunkan kabel UTP dan RJ-45. dua buah komputer yang saling terhubung sudah termasuk dalam LAN. LAN biasanya digunkan dalam kampus atau perusahaan korporate untuk saling berhubungan dalam satu gedung. LAN tidak bisa diakses dari internet karena LAN hanya mengijinkan orang yang ada dalam jaringan tersebut saja yang dapat mengaksesnya.

WAN : wide area network, merupakan jaringan komputer yang cakupanya lebih luas daripada LAN. WAN biasanya merupakan gabungan dari beberapa diseluruh dunia yang kita kenal dengan internet. perbedaanya dengan LAN tentu cakupanya lebih luas hingga ke seluruh dunia (internet). memiliki banyak sumber, penanganan dat lebih komplek. dan tidak dapat dipanggil secara offline (online).


MAN: Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

1.     5. Dalam jaringan dikenal topologi jaringan contohnya mesh, jika kita memiliki 11 komputer yang akan dibuat jaringan mesh, gambarkan pola jaringannya ?


1.   6. Jelaskan sejarah perkembangan pemakaian jaringan internet yang ada saat ini?
1.      Dengan internet kita dapat memeroleh informasi yang banyak.Untuk para pencari referensi,dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap.
Saat ini banyak para pemakai internet yang segera mengupload hasil penelitian,penulisan,dan karya terbarunya untuk publikasi,dan menyebarkan pada masyarakat luas.Saat ini internet banyak ditawarkan barang,kita dapat membeli barang yang ditawarkan tanpa harus mngunjungi penjual.Sistem ini diknal sebagai E-commerce.Sekarang masyarakat juga mengenal chatting yang merupakan pola bicara di internet.Selain itu,masyarakat juga mengenal e-mail yang merupakan pengiriman surat yang dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung asal penerimanya sedang on-line.Masyarakat sering mngupload internet karena intrnet merupakan sumber bacaan lengkap dan berbiaya murah. 
 
1.   7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan WAP ?
1.      WAP: jaringan yang di kenal sebagai jaringan internet tanpa kabel atau (nirkabel.) yang dalam beroperasi dapat menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.
1.    8. Internet merupakan jaringan lkomputer yang terhubung secara internasional dan dikenal sebagai dunia cyber space, jelaskan apa yang dimaksud dengan kata tersebut ?
1.      Internet dikenal sebagai dunia cyberspace maksudnya internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas- batas suku, bangsa, dan benua.
 
1.    9. berikan alasan mengapa melalui internet dapat memperoeh informasi yang sangat banyak tanpa batas ! 
      Melalui internet kita dapat memperoleh informasi yang sangat banyak tanpa batas karena internet memungkinkan kita berhubungan dengan computer di seluruh dunia . Internet merupakan jarinagan terbesar saat ini dan merupakan dunia tanpa batas(cyberspace)yang tidak mengenal batas-batas suku,bangsa, dan benua.

     10. Jelaskan fungsi dari modem dan sebutkan syarat-syarat memilih modem sesuai denagan keperluan !
      Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara, ataupun sebaliknya. Hub berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi sebuah kelompok jaringan. Repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

  .
1.     11. Apakah fungsi dari hub, repeater, bridge, router ?
1.      Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
  
Hub berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan.
  
REPEATER berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi start yang menggunakan kabel UTP .

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch.

1.    12. Apa yang dimaksud dengan ISP, dan berikan contoh ISP yang ada ?
1.      ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan ISP.
Contoh : Telkom net Instan

13 13. Apa yang dimaksud dengan user ID, dan berikan contoh user ID ?
1.      User ID atau user name merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet.Apabila kita sudah mendaftarkan diri ke ISP maka secara otomatis akan diberikan user ID dan password yang digunakan untuk mengakses internet.
     14. Apa yang dimaksud dengan DNS, dan cara mengoperasikan DNS ?
1.       DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya: internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

    
1.   




1.        
\

0 komentar: